Monday, March 21, 2016


Hai sobat K-Math, saya sedang tertarik menulis tentang gadget karena ada teman mengajar mengajukan beberapa pertanyaan melalui WhatsApp:
1) Seberapa penting penggunaan gadget dalam ranah pendidikan secara umum?
2) Apakah penggunaan gadget dalam ranah pendidikan berkorelasi dengan tingkat pemahaman belajar?
3) Bagaimana meminimalkan dampak negatif penggunaan gadget?

Jawaban saya :

1) Arti gadget atau gawai (dalam bahasa indonesia) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.contohnya handphone, laptop, notebook, netbook, tablet, kamera dll dan bahkan gadget berkembang tidak hanya dalam bentuk fisik tapi visual yaitu berupa software.Munculnya Gadget adalah sebagai wujud berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang diciptakan dengan tujuan mempermudah  dan membantu kegiatan manusia. Sudah tentu gadget sangatlah penting, khususnya dalam hal ini pendidikan dan sistem pendidikan sudah tentu ikut berubah, tujuan pendidikan harus diadaptasikan dan dikembangkan, kurikulum harus disesuaikan, berbagai jenis keterampilan yang diperlukan dalam komunikasi global harus diterapkan bukan untuk dihindari agar pendidikan kita tidak tertinggal dari bergulirnya perkembangan zaman.

2)  Gadget dengan dibantu teknologi satelit menjadikan pertukaran informasi dari suatu belahan ke belahan yang lain berlangsung dengan cepat, dalam hitungan detik kita dapat mengetahui masyarakat, ekonomi, bahasa, teknologi, budaya, dan geografi di belahan bumi yang lain. Dalam pendidikan, tentunya hal ini dapat mempengaruhi serta mengembangkan tingkat pemahaman belajar seseorang.

3). Gadget dapat memberikan dampak negatif  ketika pengguna atau masyarakat tidak memiliki "pengetahuan dan kompetensi" yang baik akan manfaat dan perkembangan gadget. Dalam hal ini anak-anak atau pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang masih dalam proses belajar. Artinya di dalam sistem dan manajemen pendidikan kita perlu adanya "pengetahuan dan kompetensi" yang harus kita "bentuk dan arahkan" pada  sesuatu yang baik dan berdampak positif . Dalam hal ini pendidik harus memiliki karakter yang baik yaitu kepedulian dan tanggung jawab serta keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi yang baik dalam proses pembelajaran. Tentunya tidak serta merta peran pendidik saja tapi orangtua dan masyarakat harus juga ikut peduli dan mengawasi agar dampak negatif gadget bisa berkurang.

0 komentar:

Post a Comment